Tutorial cara membuat sebuah RadioButton atau OptionButton pada UserForm

Tutorial cara membuat sebuah RadioButton atau OptionButton pada UserForm

Cara membuat sebuah RadioButton atau OptionButton pada UserForm sebagai kontrol pilihan untuk membuat aplikasi. Sebelum saya memberikan materi yang mungkin Anda cari saya akan mencoba memperlihatkan sebuah contoh OptionButton atau RadioButton yang dibuat pada UserForm. Sebuah UserForm dimana ada 2 pilihan yaitu OptionButton1 dan OptionButton2 artinya user akan diarahkan untuk memilih apakah mau pilih OptionButton1 atau pilih OptionButton2. Logikanya apabila user pilih Optionbutton1 maka di range A1 akan terisi angka 1 sedangkan apabila user memilih OptionButton2 maka pada cell A1 akan terisi angka 2. Untuk bisa membuat hal seperti tersebut diatas Anda harus menambahkan coding dengan procedure klik
  • Code ketika OptionButton1 di klik
  • Private Sub OptionButton1_Click()
    If OptionButton1.Value = True Then
        Cells(1, 1).Value = 1
        OptionButton2.Value = False
    End If
    End Sub
  • Code ketika OptionButton2 di klik
  • Private Sub OptionButton2_Click()
    If OptionButton2.Value = True Then
        Cells(1, 1).Value = 2
        OptionButton1.Value = False
    End If
    End Sub
Artinya: Jika OptionButton bernilai TRUE atau dipilih maka tambahkan cell A1 pada istilah disini saya menggunakan baris, kolom artinya jika alamat cell A1 maka dapat dituliskan (1,1) dan OptionButton2 harus bernilai FALSE atau tidak dipilih begitu juga sebaliknya.

Share this

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan website dan juga sebagai media sosial berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya.

Previous
Next Post »

No comments