Tutorial Cara Menampilkan Data di ListBox di UserForm VBA Excel

Tutorial Cara Menampilkan Data di ListBox di UserForm VBA Excel

ListBox merupakan salah satu Control Vba excel yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi yang ada pada database. Menampilkan informasi data yang terdapa pada database sangatlah penting. Pengguna aplikasi dapat melihat dengan jelas data-data yang sudah ada dalam record database. Melalui ListBox informasi yang disajikan dapat dipilih untuk melakukan operasi lainnya.
Langkah-langkah membuat ListBox :
  • Buatlah sebuah range dinamis
  • Buka Visual Basic dan tambahkan ListBox pada UserForm Seperti pada gambar berikut ini
  •  Untuk Properties biarkan saja jangan di ubah baik Label maupun ListBox. Setelah siap di rancang, klik kanan pada UserForm pilih View Code dan Masukkan Kode dibawah ini, perhatikan gambar dibawah kode..!!
  • Sub ListDB()

    With UserForm1.ListBox1
    .ColumnCount = 5
    .ColumnHeads = False
    .ColumnWidths = "25;55;100;70;90"
    .RowSource = "ListDB"
    .MultiSelect = fmMultiSelectSingle
    .BoundColumn = 0

    End With
    End Sub


    Private Sub UserForm_Initialize()
    Call ListDB
    End Sub
Keterangan :

  1. ".ColumnCount = 5" kode ini berfungsi untuk menampilkan banyaknya jumlah kolom yang akan ditampilkan pada ListBox. Jika ingin mengurangi atau menambahkan kolom, anda tinggal mengubah angka 5 dengan angka jumlah kolom yang anda inginkan.
  2. ".ColumnHeads = False" Kode ini berfungsi untuk mencegah menampilkan Headers ListBox, Jika menginginkan Headers ListBox ditampilkan, maka nilai "False" digantikan dengan nilai "True".
  3. ".ColumnWidths = "25;55;100;70;90" " deretan angka puluhan pada kode ini berfungsi untuk menentukan tiap lebar tiap kolom, untuk menyesuaikannya kita dapat mengubah angka puluhan tersebut.
  4. ".RowSource = "ListDB" "merupakan baris Range yang dicari dan ditampilkan pada ListBox "ListDB" merupakan nama dari Range data yang terdapat pada Sheet untuk ditampilkan pada ListBox.
  5. ".MultiSelect = fmMultiSelectSingle" merupakan perintah agar data yang ditampilkan pada ListBox hanya dapat dipilih secara single saya, untuk pilihan lainnya dapat dilihat pada properties ListBox.
  6. "Call ListDB" merupakan kode perintah yang disingkat untuk memanggil kode Sub ListDB

  • Selesai, Agar saat setelah Tombol Simpan di klik langsung terlihat datanya pada ListBox kita tambahkan kode pada CmdSimpan dengan code berikut sebelum End Sub
Call ListDB

Share this

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat kami dengan website dan juga sebagai media sosial berbagi Info Menarik serta Hiburan lainnya.

Previous
Next Post »

1 comment